Narantaka GMAT di Kentland Farms, Virginia Tech
Dokumentasi Della, Ari, Lutfi, Mukhsin, Jovian, Fiorella, dan Hafidh saat setelah peluncuran CanSat di Kentland Farms, Virginia Tech

Gadjah Mada Aerospace Team (GMAT) mewakili Indonesia kembali berkompetisi dalam ajang United States Annual Student CanSat Competition 2022 pada 9-12 Juni 2022 dan berhasil meraih peringkat 6 dunia dan peringkat 3 tim dari benua Asia.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh American Astronautical Society (AAS) tersebut, merupakan kompetisi yang rutin diadakan dengan misi berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2022 ini, CanSat Competition memiliki misi Tethered Payload.  Dalam misi ini setiap tim dituntut untuk merancang desain kontainer yang terhubung dengan payload menggunakan tali sepanjang 10 meter dengan memuat kamera di dalamnya untuk merekam menggunakan orientasi arah selatan dan menunjuk 45 derajat dari titik nadir.

GMAT yang diwakili oleh divisi internasional, Narantaka, harus melalui rangkaian seleksi ketat sebelum akhirnya berhasil menuju babak final. Narantaka berhasil menyalip ratusan tim lainnya yang dimulai dari tahap Registrasi dan Preliminary Design Review (PDR) hingga akhirnya memperoleh peringkat ke-3 dari 49 dan berhasil maju ke tahap final yang diawali dengan Critical Design Review (CDR).

CanSat Competition 2022 dilaksanakan secara luring di Virginia Tech, Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat setelah adanya masa pandemi yang membuat kompetisi ini dilakukan secara daring. Narantaka beranggotakan Mukhsin Al Fikri L., Della Anindhita Cahyarani, Fiorella Averina G., Mahesafin Alna Ramadhan, Ari Permana, Ananda Hafidh Rifai K., Lutfi Andriyanto, Alphonsus Jovian Joy Reynaldo, dan Dzaki Fathdanish B. dan Bapak Dr. I Made Miasa, S.T., M.Sc yang ikut berperan sebagai dosen pembimbing dan aktif dalam memberikanmasukan dan saran kepada tim selama rangkaian kompetisi berlangsung.

Tim Narantaka GMAT berfoto bersama dengan tim-tim lain pada CanSat Competition 2022

“Selama rangkaian CanSat Competition, teman-teman Narantaka saling memberikan dukungan satu sama lain, bisa berada dalam tim ini hingga bisa mengharumkan almamater dan Indonesia merupakan perjuangan yang mengesankan. Semoga dengan pencapapaian yang telah diraih sekarang, Narantaka GMAT bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik dan lebih termotivasi lagi dalam ajang CanSat Competition dan kompetisi lain yang akan diikuti di tahun mendatang” komentar Mukhsin Al Fikri Lubis sebagai Ketua Tim Narantaka.

Pencapaian Narantaka GMAT yang diraih saat ini tidak luput dari adanya doa dan dukungan dari keluarga, kerabat, teman, dan sponsor. Terima kasih kepada sponsor Pertamina, Waskita, Bukit Asam, dan PJB yang telah memberikan dukungan besar berupa finansial. Semoga kerja keras yang dijalin akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Tim GMAT juga tidak lupa melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil yang telah dilalui pada kompetisi tahun ini. Dengan evaluasi tersebut, diharapkan GMAT dapat terus berkembang pada kompetisi berikutnya untuk mengharumkan nama almamater tercinta.

 

supported and sponsored by:

 

One thought on “United States Annual Student CanSat Competition 2022 Press Release, Narantaka GMAT

Leave a Reply

Your email address will not be published.